Rabu, 14 Desember 2011

Lapangan dan Bola Basket

Lapangan bola basket adalah persegi panjang dengan ukuran:
- Panjang lapangan yaitu 26 meter.
- Lebar lapangan yaitu 14 meter.
- Tiga buah lingkaran yang terdapat di dalam lapangan basket memiliki panjang jari-jari yaitu 1,80 meter.




Panjang papan pantul bagian luar adalah 1,80 meter sedangkan lebar papan pantul bagian luar adalah 1,20 meter. Dan panjang papan pantul bagian dalam adalah 0,59 meter sedangkan lebar papan pantul bagian dalam adalah 0,45 meter.
     Jarak lantai sampai ke papan pantul bagian bawah adalah 2,75 meter. Sementara jarak papan pantul bagian bawah sampai ke ring basket adalah 0,30 meter. Ring basket memiliki panjang yaitu 0,40 meter. Sedangkan jarak tiang penyangga sampai ke garis akhir adalah 1 meter.
Panjang garis tengah lingkaran pada lapangan basket adalah 1,80 meter dengan ukuran lebar garis yaitu 0,05 meter. Panjang garis akhir lingkaran daerah serang yaitu 6 meter. Sedangkan panjang garis tembakan hukuman yaitu 3,60 meter.
     Jumlah pemain dalam permainan bola basket adalah 5 orang dalam satu regu dengan cadangan 5 orang. Sedangkan jumlah wasit dalam permainan bola basket adalah 2 orang. Wasit 1 disebut Referee sedangkan wasit 2 disebut Umpire.
     Waktu permainan 4 X 10 menit. Di antara babak 1, 2, 3, dan babak 4 terdapat waktu istirahat selama 10 menit. Bila terjadi skor yang sama pada akhir pertandingan harus diadakan perpanjangan waktu sampai terjadi selisih skor. Di antara dua babak tambahan terdapat waktu istirahat selama 2 menit. Waktu untuk lemparan ke dalam yaitu 5 detik.
     Keliling bola yang digunakan dalam permainan bola basket adalah 75 cm - 78 cm. Sedangkan berat bola adalah 600 - 650 gram. Jika bola dijatuhkan dari ketinggian 1,80 meter pada lantai papan, maka bola harus kembali pada ketinggian antara 1,20 - 1,40 meter.
 
Beberapa jenis bola beserta sejarahnya :

SPALDING


Spalding adalah perusahaan pertama yang memproduksi bola basket untuk digunakan secara resmi. Pendiri perusahaan AG Spalding membuat bola basket pertama dalam abad ke-19 atas perintah dari James Naismith. Perusahaan ini telah menghasilkan bola basket sejak saat itu dan telah menghasilkan bola basket resmi NBA sejak tahun 1983. Perusahaan ini juga memproduksi berbagai bola untuk pasar konsumen, terutama bola infus nya yang memiliki built-in pompa untuk menjaga inflasi yang tepat.
Pada bulan Juni 2006 NBA mengumumkan bahwa Spalding memperkenalkan bola resmi untuk permainan baru mulai bermain di musim 2006. Bola ini dibuat dari komposit microfiber dengan sistem "moisture management" yang seharusnya untuk memberikan pegangan yang lebih baik. Namun, ada beberapa keluhan tentang bola basket baru ini. Banyak pemain mengeluh bahwa bola baru licin, sulit untuk ditahan dan gesekan meningkat yang menyebabkan luka di tangan pemain. Banyak pemain elit menyerukan NBA untuk membawa kembali bola lama, bahkan membawa keluhan kepada Dewan Hubungan Kerja Nasional untuk kembali ke bola kulit asli. Pada tanggal 11 Desember 2006, NBA David Stern mengumumkan komisaris bahwa NBA akan beralih kembali ke model kulit tua mulai pada awal tahun 2007. Pada tahun 2007, Spalding menjadi Penyedia Basketball Resmi World Tour Ball4Real.
Spalding akan menjadi pemasok baru untuk NBL (Australia) pada tahun 2010.


MOLTEN 


Molten, sebuah produsen barang-barang olahraga Jepang, memiliki kontrak saat ini sebagai supplayer bola untuk:

     * Semua kejuaraan dunia FIBA dan kualifikasi.
     * Semua event di Asia FIBA.
     * Liga domestik, termasuk Argentina, Uruguay, Inggris, Yunani, Indonesia, Italia, Lithuania, Filipina, Polandia (wanita), dan Portugal.

Musim 2006-07, ia memiliki kontrak sebagai pediakan bola untuk Europe-wide competitions organised kompetisi yang diselenggarakan oleh ULEB, Euroleague dan ULEB cup (sekarang Eurocup). Namun, kini Nike sebagai penyedia bola nya. Molten top-of-the-lini produk adalah GL7/GL6, bola kulit dengan desain khas 12-panel, tinggi-density busa bantalan bawah permukaan dan khusus jahitan karet yang lembut, datar dan berkerikil menyediakan area kontak dan jahitan rata antar panel (disebut "Full-Flat Seam"). Molten juga memproduksi berbagai macam bola di semua harga untuk pasar konsumen.


WILSON 


Top-of-the-line produk Wilson adalah solution ball, dinamai karena kemampuannya untuk menyerap kelembaban selama permainan dan mempertahankan cengkeramannya. Bola bola resmi dari semua NCAA postseason turnamen, terutama laki-laki dan perempuan Divisi I turnamen, dan digunakan oleh banyak tim NCAA selama musim juga oleh banyak liga SMA. Seperti Spalding, Wilson memproduksi berbagai bola untuk pasar konsumen juga.



RAWLINGS 


Rawlings telah memproduksi bola basket sejak tahun 1902. Perusahaan ini dikenal untuk menghasilkan bola 10-panel (dikenal sebagai SEPULUH), bersama dengan panel tradisional 8-bola. SEPULUH bola basket adalah bola resmi Amateur Athletic Union dan "Gus Macker", turnamen 3-on-3 basket terbesar di Amerika Serikat.





NIKE



Nike, seperti disebutkan sebelumnya, sekarang memiliki kontrak untuk memproduksi bola untuk ULEB (termasuk Euroleague tersebut). Di Filipina digunakan di NCAA dan UAAP sebagai bola resmi turnamen. Semua kompetisi ini menggunakan Balls Nike 4005 Turnamen Resmi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar